RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/Semester : VII/2
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Topik : Save the Trees
Pertemuan Ke- : 6
Alokasi Waktu : 20 menit
- Kompetensi Inti
K1 : Menanggapi dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
K2 : Menghargai perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, toleran, motivasi internal, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan) dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
K3 : Memahamipengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan keagamaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
K4 : Mencoba, mengolah,dan menyajiberbagai hal dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
- Kompetensi Dasar
2.3 Menghargai perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.11 Memahami pesan dalam lagu
4.13 Menangkap pesan dalam lagu
- Indikator Pencapaian Kompetensi
- Memahami dan menyebutkan informasi tertentu dengan mengisi fill in the blank dan menjawab pertanyaan dari lagu tentang save the trees dengan jujur dan percaya diri.
- Menangkap, menyebutkan, dan menanggapi (dengan memberikan saran terhadap) pesan moral yang terkandung dalam lagu tentang save the trees dengan penuh rasa peduli terhadap lingkungan dan percaya diri.
- Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu memahami dan menyebutkan informasi tertentu dengan mengisi fill in the blank dan menjawab pertanyaan dari lagu tentang save the trees dengan jujur dan percaya diri.
- Siswa mampu menangkap, menyebutkan, dan menanggapi (dengan memberikan saran terhadap) pesan moral yang terkandung dalam lagu tentang save the trees dengan penuh rasa peduli terhadap lingkungan dan percaya diri.
- Materi Pembelajaran
- Gambar dari video lagu The Ballad of Lisa the Lemur
- Lirik Lagu the Ballad of Lisa the Lemur:
Lisa lived in the rainforest
With all her family
Along came a man with an axe in his hand
And chopped down the family tree.
So they moved to another tree
A long long way from town
Along came a man with an axe in his hand
And chopped their new tree down.
We all need somewhere to live
We all need somewhere to live
You need a flat, fishes need the sea
Lisa needs a tree.
The rainforest gives us the air that we need
Lots of animals live in the trees
That’s what we call ecology
Why are we chopping it down?
We all need somewhere to live
We all need somewhere to live
You need a flat, fishes need the sea
Lisa needs a tree.
So Lisa came into town
With all her family too
There are trees in the park but it closes after dark
And there’s no more room at the zoo.
We all need somewhere to live
We all need somewhere to live
You need a flat, bees need a hive
Goats need a mountainside.
We all need somewhere to live
Yeah, we all need somewhere to live
Bears need a cave, fishes need the sea
Lisa needs a tree.
- New vocabulary from the lyrics
– Lemur
– Hive
– Mountainside
– Ecology
- Pesan moral dari lagu
– Selamatkan hutan, karena pepohonan di sana adalah rumah bagi banyak binatang.
- Model/Metode Pembelajaran
- Pendekatan: Scientific
- Strategi: Observing – Questioning – Associating.
- Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
|
1 menit |
Inti | Observing
Exploring – Questioning
Associating
|
2 menit
3 menit
1 menit
2 menit
3 menit
3 menit
5 menit |
Penutup |
|
1 menit |
- Sumber/Media Pembelajaran
- Sumber: Internet
Link: http://learnenglishkids.britishcouncil.org/en/songs/the-ballad-lisa-the-lemur
- Media: PC, Speaker, White board, Board marker, Game-board, Handout
- Penilaian
– Kognitif (Fill in the blank dan soal pilihan ganda)
– Keaktifan dan sikap siswa selama proses pembelajaran
Surabaya, 23 Mei 2014
Mengetahui, | |
Kepala Sekolah | Guru Mata Pelajaran
|
(________________________) | (___________________) |
Pedoman Penilaian
- Kognitif (setiap jawaban benar mendapat skor 5 : skor maksimum 100)
NO | NAMA SISWA | ASPEK SKOR PENILAIAN | |||
Excellent (90-100) | Very Good
(81-90) |
Good
(71-80) |
Fair
(61-70) |
||
1 | |||||
2 | |||||
3 | |||||
4 | |||||
5 | |||||
dst |
- Penilaian sikap dan keaktifan siswa
Rubrik Penilaian Kelas
Nama Kegiatan :
Tanggal Pelaksanaan :
Kelas :
No. | Nama | Aspek yang dinilai | Total | |||
Keaktifan | Sikap | |||||
Kerja sama | Jujur | Peduli | Percaya diri | |||
1 | ||||||
2 | ||||||
3 | ||||||
4 | ||||||
5 | ||||||
dst |
Perhitungan nilai: X 100 =
Rincian aspek penilaian
- Kerja sama
1 = tidak pernah bekerja sama saat proses kegiatan berpasangan atau berkelompok
2 = sering tidak mau bekerja sama saat proses kegiatan berpasangan atau berkelompok
3 = beberapa kali menolak untuk melakukan kerja sama dengan pasangan atau kelompok
4 = sesekali menolak kerja sama dengan pasangan atau kelompok
5 = selalu bekerja sama dalam permainan kelompok
- Jujur
1 = selalu bersikap curang saat mengerjakan soal
2 = sering bersikap curang saat mengerjakan soal
3 = beberapa kali bersikap curang saat mengerjakan soal
4 = sekali-dua kali bersikap curang saat mengerjakan soal
5 = selalu bersikap jujur saat mengerjakan soal
- Peduli
1 = tidak menunjukkan reaksi apapun saat mendiskusikan isi dan pesan moral lagu
2 = menunjukkan sedikit reaksi peduli (mengangguk atau menggeleng dan perubahan ekspresi wajah) saat mendiskuskan isi dan pesan moral lagu
3 = beberapa kali menunjukkan reaksi peduli dan sesekali menanggapi saat mendiskusikan isi dan pesan moral lagu
4 = menunjukkan reaksi peduli dan beberapa kali menanggapi saat mendiskusikan isi dan pesan moral lagu
5 = menunjukkan reaksi peduli dan selalu menanggapi saat mendiskusikan isi dan pesan moral lagu
- Percaya diri
1 = selalu diam, menunduk atau menoleh kepada teman saat diberi pertanyaan atau ditunjuk
2 = sering diam, menunduk atau menoleh kepada teman saat diberi pertanyaan atau ditunjuk
3 = beberapa kali diam, menunduk atau menoleh kepada teman saat diberi pertanyaan atau ditunjuk
4 = sekali-dua kali menunduk atau menoleh kepada teman saat diberi pertanyaan atau ditunjuk
5 = selalu bersikap percaya diri dan menjawab dengan mantap saat diberi pertanyaan atau ditunjuk